Manfaatkan Uang THR Jadi Investasi Agar Tidak Hanya Lewat

Manfaatkan Uang THR Jadi Investasi Agar Tidak Hanya Lewat. Hari Raya Idul Fitri selalu identik dengan istilah Tunjangan Hari Raya atau THR. Biasanya, ketika mendapatkannya kita akan bingung untuk mengelolanya sehingga habis untuk hal-hal yang kurang bermanfaat. Untuk itu, cobalah manfaatkan uang THR jadi investasi agar tidak lewat begitu saja.

Dengan investasi ini uang dari THR tersebut akan lebih terkelola dan terkontrol keberadaannya. Selain itu, investasi ini dapat diibaratkan seperti tabungan masa depan, sehingga selain lebih mudah mengelolanya, investor juga bisa memiliki simpanan untuk berbagai keperluan di kemudian hari.

Manfaatkan Uang THR Jadi Investasi Agar Tidak Hanya Lewat

Cara Manfaatkan Uang THR Jadi Investasi dengan Mudah dan Pasti Berhasil

Manfaatkan Uang THR Jadi Investasi Agar Tidak Hanya Lewat. Hanya sekitar 1 dari 10 orang Indonesia yang mengalokasikan uang THR untuk berinvestasi. Sisanya, akan menggunakan uang tersebut untuk memenuhi kebutuhannya di hari raya atau kebutuhan konsumtif lainnya. Kebanyakan dari mereka beranggapan bahwa uang THR ini merupakan uang lebih dari hasil kerja, sehingga tidak masalah jika menghabiskannya sekaligus.

Memang, sebagian besar uang THR diberikan untuk meringankan berbagai keperluan saat hari raya. Namun, tidak ada salahnya menyisihkan sedikit dari uang tersebut untuk urusan masa depan dengan cara investasi.

Terlebih lagi pada momen-momen tertentu, seperti hari raya ini banyak investasi yang sedang turun sehingga harganya lebih murah. Dengan begitu, Anda tidak perlu biaya investasi yang terlalu banyak untuk memulainya. Kemudian, Anda bisa mendapatkan keuntungan ketika menjualnya saat harga pasaran investasi naik kembali nantinya.

Adapun beberapa cara mudah untuk memanfaatkan uang THR sebagai investasi adalah sebagai berikut:

1. Ubah Mindset dan Kebiasaan

Cara manfaatkan uang THR jadi investasi yang pertama adalah dengan mengubah mindset dan kebiasaan. Mulailah untuk membatasi diri untuk membeli berbagai barang-barang branded yang bahkan tidak terlalu penting. Gantilah kebiasaan dan pola pikir tersebut dengan merencanakan masa depan.

Sebenarnya, membeli atau membelanjakan uang THR ini tidak ada salahnya. Namun, pastikan selalu menerapkan batasan dan bijak dalam berbelanja. Kemudian, sisa uang dari belanja tersebut gunakan untuk berinvestasi. Lantaran dalam berinvestasi, Anda bisa merasakan keuntungan yang lebih banyak di masa depan nanti.

2. Rencanakan Biaya Pengeluaran

Usahakan untuk selalu merencanakan pengeluaran, terutama setiap pengeluaran yang menggunakan uang THR. Catat dan hitung seluruh kebutuhan yang diperlukan. Kemudian, buat skala prioritas dari kebutuhan tersebut, urutkan dari yang paling penting terlebih dahulu. Misalnya, seperti kebutuhan zakat, berbagai THR kepada anggota keluarga dan lain-lain.

3. Tambahkan Rencana Investasi dalam Pengeluaran

Cara manfaatkan uang THR untuk berinvestasi sebagai berikut adalah dengan menciptakan investasi dalam rencana pengeluaran. Setelah membuat rencana pengeluaran, jangan lupa menambahkan investasi dalam catatan tersebut. Tentukan besarnya Tunjangan Hari Raya yang akan dialokasikan memulai investasi. Rata-rata orang mendistribusikan sebanyak 10% dana THR untuk investasi.

4. Pahami Instrumen Investasi yang Telah Dipilih Sebelumnya

Ketika memutuskan untuk berinvestasi pada sebuah instrumen, pastikan untuk memahami terlebih dahulu terkait dengan potensi dan risiko keuntungan dari instrumen investasi tersebut. Misalnya, saham berisiko lebih tinggi ketimbang obligasi, namun potensi keuntungannya juga lebih tinggi.

5. Rekomendasi Investasi

Bagi pemula yang belum pernah berinvestasi atau hanya menggunakan produk keuangannya sebatas tabungan saja, berikut ini adalah beberapa rekomendasi sarana investasi dan peningkatan aset:

6. Investasi Logam Mulia

Investasi logam mulia atau emas dapat menjadi salah satu cara untuk manfaatkan uang THR jadi investasi bagi para pemula. Jenis investasi ini juga memiliki peminat yang cukup tinggi dan ramai. Hal tersebut membuat jenis investasi ini tidak memperlukan modal besar dan cenderung murah atau lebih mudah.

Membeli emas adalah pilihan investasi yang aman dan cukup menguntungkan. Selain itu, harga emas cenderung terus meningkat seiring berjalannya waktu. Emas juga dapat membantu investor yang memerlukan uang untuk berbagai keperluan mendesak karena tipenya lebih gampang diuangkan.

7. Deposito

Manfaatkan uang THR untuk deposito juga dapat jadi salah satu rekomendasi investasi untuk pemula. Opsi ini sangat sesuai untuk investor pemula yang ingin memulai investasi dengan risiko paling rendah.

Deposito merupakan sebuah produk penyimpanan dalam bank yang sistem penarikan dan setorannya hanya bisa dilakukan pada waktu tertentu. Salah satu kelebihan dari deposito adalah tingkat suku bunga yang lebih besar ketimbang produk tabungan biasa.

8. Reksa Dana

Berikutnya ada reksa dana yang cocok untuk para investor pemula dengan keahlian yang minim. Dalam konsep investasi ini ada yang namanya MI (Manajer Investasi) yang berperan untuk mengatur arah uang investasi nasabahnya.

Risiko berinvestasi pada instrumen reksa dana cenderung lebih rendah karena risikonya tersebar ke berbagai produk atau instrumen lain. Total dalam keuntungan dari investasi ini akan mengikuti produk reksa dana yang ditargetkan. Dana untuk memulai investasi reksa dana terbilang terjangkau, yaitu mulai dari Rp 100 ribu rupiah.

9. Investasi pada Platform Fintech P2P Lending (Peer to Peer Lending)

Untuk manfaatkan uang THR jadi investasi, pemula juga bisa mencoba dengan berinvestasi pada platform P2P Lending. Ini merupakan perusahaan fintech yang mempertemukan penyedia dana dengan peminjam. Artinya, pemula akan berperan sebagai kreditur (pemberi pinjaman) ketika berinvestasi dalam perusahaan ini.

Sejatinya, menjadi seorang investor pada platform fintech ini terbilang mudah dan praktis, terutama bagi pemula yang terbiasa dengan pemanfaatan teknologi. Meskipun begini, pentingnya dalam memilih platform P2P lending yang telah terdaftar pada OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Kesimpulan:

Itulah beberapa cara manfaatkan uang THR jadi investasi lengkap dengan rekomendasi instrumennya. Berinvestasi adalah salah satu langkah terbaik untuk menyimpan dan menghasilkan cuan di masa depan, selain tabungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *