Cara Mengembangkan Strategi Investasi yang Tepat Agar Tumbuh

Cara Mengembangkan Strategi Investasi yang Tepat Agar Tumbuh menjadi aspek yang sama pentingnya dengan ekspansi suatu bisnis. Investasi berperan besar dalam memberikan pondasi bertumbuhnya sebuah usaha. Tidak selamanya investasi dalam bentuk uang. Bisa berbentuk peralatan, tempat, inventaris, dan relasi pemasaran.

Cara Mengembangkan Strategi Investasi yang Tepat untuk Bisnis

Cara Mengembangkan Strategi Investasi yang Tepat Agar Tumbuh sama seperti memulai suatu bisnis, mengembangkannya bisa menjadi hal yang lebih rumit. Seorang pengusaha mungkin memiliki potensi dari sebuah ide. Namun, berinvestasi pada market yang luas, menambah staf, atau memperluas tempat mungkin akan sulit. Berikut inilah beberapa cara efektif untuk mengembangkan investasi dalam sebuah usaha.

Cara Mengembangkan Strategi Investasi yang Tepat Agar Tumbuh

Mencari Pembiayaan Ekuitas

Saat ini banyak sekali investor yang mulai melirik pada bisnis dengan skala kecil hingga menengah. Mereka bisa menjadi sumber pendanaan untuk bisnis dengan imbalan saham. Untuk UMKM biasanya akan berusaha mendapatkan dari investor swasta yang disebut angel investor.

Bagi kebanyakan orang, pendanaan ekuitas ini jauh lebih menguntungkan daripada hutang. Namun, pelaku usaha harus bersedia menukar 20 hingga 25 persen profit bisnis dengan investasi untuk investor. Para investor ini biasanya tidak hanya menawarkan uang, namun juga dukungan dan saran untuk pengembangan bisnis.

Mengikuti Crowdfunding

Cara mengembangkan strategi investasi selanjutnya adalah dengan penggalangan dana. Crowdfunding adalah yang paling populer di dunia bisnis kecil dan menengah. Terpilih dalam menggalang modal tambahan dan membantu meningkatkan investasi.

Supaya dapat menarik hati para investor kecil, membutuhkan ide bisnis yang brilian. Pelaku usaha dapat menawarkan rewards pada investor. Beberapa pengusaha juga memberikan penawaran saham dalam jumlah tertentu. Sehingga mereka akan mendapatkan dukungan dari banyak investor kecil dengan cepat.

Hibah

Pendanaan ini biasanya berasal dari suatu otoritas, badan amal, dan organisasi pemerintah. Hibah biasanya tidak perlu pengembalian dana. Namun jumlahnya lebih sedikit daripada pendanaan ekuitas maupun crowdfunding. Pembiayaan dari hibah juga lebih terbatas pada jenis usaha tertentu. Seperti perusahaan yang bergerak di sustainability dan pemberdayaan masyarakat saja.

Memperluas Relasi

Investasi tidak selamanya mengenai pendanaan dan profit berupa uang. Salah satu cara mengembangkan strategi investasi adalah memperluas relasi atau jaringan. Dengan relasi yang luas maka akan memungkinkan suatu bisnis memiliki pangsa pasar yang lebih luas juga. Sehingga pelaku usaha dapat membuka cabang pemasaran baru. Baik itu jumlah pesanan yang naik berkali-kali lipat maupun jenis usaha baru yang lebih banyak.

Jangkauan yang luas akan memungkinkan suatu bisnis berkembang jauh lebih cepat. Oleh sebab itu, perlu dibarengi dengan peningkatan aspek lain. Seperti jumlah staf, perluasan tempat, dan pasokan bahan.

Meningkatkan Sumber Daya

Selain memperluas jangkauan, cara mengembangkan strategi investasi yang perlu menjadi perhatian berikutnya adalah peningkatan sumber daya. Baik secara kualitas produk maupun secara sumber daya manusia. Upaya ini dengan cara memperhatikan pemakaian bahan berkualitas untuk proses pembuatan produk. Kemudian untuk sumber daya manusia, sebaiknya dilakukan evaluasi kerja dan rekrutmen tenaga ahli yang lebih handal. Dengan upaya ini, performa bisnis akan meningkat secara masif. Alhasil, investasi perusahaan akan cenderung berkembang dan meningkat lebih cepat.

Meminimalisir Biaya Operasional

Tidak bisa dipungkiri bahwa proses produksi yang besar juga membutuhkan biaya operasional yang besar. Meskipun demikian, ada upaya yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal tersebut. Ambil langkah manajemen waktu produksi yang lebih efisien. Batasi rekrutmen tenaga kerja jika sekiranya masih bisa memaksimalkan produksi tersebut. Jika perlu, lakukan riset harga bahan yang lebih murah namun dengan kualitas yang sama untuk bisa menekan lebih banyak biaya operasional.

Lakukan Inovasi pada Produk secara Berkala

Inovasi juga menjadi cara mengembangkan strategi investasi yang tidak kalah penting dari sebuah bisnis. Konsumen memiliki sifat mudah bosan dan ingin mencoba produk yang baru. Sehingga inovasi produk berfungsi untuk menjaga minat konsumen tersebut. Terlebih apabila sebuah usaha mempunyai persaingan yang tinggi.

Sebaiknya suatu usaha memiliki tren sendiri yang dapat menjadi karakter. Sebagai pelaku usaha sebaiknya terus mengikuti perkembangan tren konsumen. Sembari berinovasi dengan produk utama dan menjaga kualitas supaya tetap unggul.

Akuisisi

Selanjutnya, cara mengembangkan strategi investasi perusahaan juga bisa dengan langkah akuisisi. Upaya ini merupakan suatu tindakan pembelian sebagian besar atau keseluruhan aset dari perusahaan lain. Dengan langkah ini, perusahaan pengakuisisi akan mendapat kontrol penuh terhadap perusahaan yang dibeli. Tujuan akuisisi bisa untuk diversifikasi produk, meminimalisir kompetitor, hingga meningkatkan keuntungan perusahaan.

Investasi Residensial

Jenis investasi ini menjadi langkah tepat untuk mengembangkan bisnis supaya lebih mapan. Sebab, dengan menambah gedung atau tempat, maka jumlah aset tidak bergerak akan bertambah. Berbeda dengan menyewa untuk mengembangkan operasional.

Membeli bangunan atau lokasi baru jauh lebih tepat bagi perusahaan yang sudah benar-benar proper. Selain itu, dengan lokasi yang lebih luas, proses produksi juga akan lebih lancar. Sehingga dapat meningkatkan profit perusahaan jauh lebih cepat.

Ekspansi Market

Hal yang tidak kalah penting dari sebuah bisnis saat ini adalah strategi marketing. Ekspansi pemasaran menjadi investasi penting untuk menjaga kelangsungan hidup bisnis dan arus keuangan. Usahakan menggunakan strategi marketing yang tepat untuk bisa mendapatkan konsumen lebih banyak. Dengan strategi yang tepat tentu penjualan juga akan mengikuti. Maka profit suatu perusahaan akan bertambah. Ekspansi pasar ini tidak hanya cukup dilakukan sekali saja. Usahakan untuk terus melakukan ekspansi secara terus menerus. Itulah sebabnya banyak perusahaan yang rela menggelontorkan sumber daya besar untuk mendongkrak pemasaran tersebut.

Beberapa cara mengembangkan strategi investasi pada bisnis di atas perlu dilakukan secara bertahap dan benar. Investasi adalah hal krusial dalam sebuah bisnis. Oleh sebab itu, perlu adanya riset mendalam dan keberanian dalam berspekulasi untuk menjalankan upaya tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *